(+62) 21 74863905 web@antarworld.co.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login
(+62) 21 74863905 web@antarworld.co.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

Wisata Mangunan Jogja dengan Keindahan di Atas Awan

Tempat wisata seperti apa yang paling ingin Anda kunjungi saat liburan ke Jogja? Apa Anda bosan dengan tempat wisata seperti Malioboro dan sekitarnya? Tenang, Antarworld kali ini ingin membahas tentang tempat wisata di Jogja yang mungkin tidak kalah menarik dari Malioboro yaitu wisata Mangunan Jogja. Nampaknya tempat wisata ini sekarang menjadi salah satu objek wisata unggulan baru dari Jogjakarta. Ada banyak spot dengan pemandangan indah yang bisa Anda eksplore lebih jauh di wisata mangunan jogja. Berikut beberapa rekomendasi dari Antarworld tentang tempat wisata mangunan Jogja.

Kebun Buah Mangunan
Anda yang berkunjung ke Mangunan, Bantul bisa mampir dan melihat keindahan kebun buah Mangunan. Lokasi dari kebun buah mangunan ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Jogja. Kebun Buah Mangunan menyajikan keindahan pegunungan seribu dan lokasinya sendiri terletak di ketinggian 150 – 200 m di atas permukaan laut. Kebun Buah Mangunan ini menyimpan banyak vegetasi tanaman yang bervariasi seperti halnya mangga, jambu air, durian, rambutan, duku, sawo, jeruk hingga manggis. Selain tanaman buah-buahan Kebun Buah Mangunan juga memiliki vegatasi tanaman lainnya seperti Pinus, Magium, Jati, Salak hingga King Grass.

Tidak hanya sekedar melihat pemandangan saja, Kebun Buah Mangunan juga menawarkan keseruan lain dengan fasilitas seperti Outbond, Flying Fox, kolam renang, bumi perkemahan, reflying, jembatan goyang hingga hotel. Untuk masuk ke tempat wisata ini Anda hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp 5.000. Kebun Buah Mangunan buka mulai dari pukul 08.00 hingga 18.00. Jika Anda ingin menyaksikan matahari terbenam dari lokasi ini datanglah ke lokasi ini pada pukul 17.00 sore. Dijamin momen ini akan menjadi momen indah yang harus Anda abadikan salama berlibur ke sana.

Hutan Pinus Mangunan Jogja
Hutan Pinus Mangunan juga merupakan bagian dari wisata mangunan Jogja yang harus Anda kunjungi. Kalau Bogor memiliki Gunung Pancar yang terkenal dengan hutan pinusnya, Jogja punya Hutan Pinus Mangunan yang tidak kalah indah. Hutan ini sendiri masuk ke dalam RPH (Resort Pengelolaan Hutan). Sebelum menjadi kawasan wisata, Hutan Pinus Mangunan hanyalah hutan tandus. Kemudian, Pemerintah setempat pun mereboisasi lokasi ini dan menanaminya dengan vegetasi Pinus Merkusii. Meski termasuk dalam wisata alam, hutan pinus jogja memiliki fasilitas penunjang yang baik. Di sini Anda bisa menemukan fasilitas seperti kamar mandi umum, mushola, panggung yang menyatu dengan alam hingga gardu pandang untuk berfoto-foto. Tidak hanya dipenuhi oleh para muda mudi yang ingin melihat keindahan alamnya, tempat wisata Jogja ini juga sering digunakan sebagai foto pre-wedding. Keindahannya yang luar biasa bahkan membuat seorang fotografer professional sekelas Darwis Triadi membuat spot foto pre-wedding khusus. Untuk masuk ke sini Anda tidak akan dikenakan biaya apa pun. Anda hanya perlu membayar biaya parkir saja sebesar Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua.

Puncak Becici Mangunan
Keindahan Mangunan tidak hanya sampai pada dua tempat wisata di atas. Wisata Mangunan Jogja juga memilki Puncak Becici yang terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo, Bantul Yogyakarta. Di Puncak Becici Anda bisa melihat keindahan pemandangan hutan pinus lengkap dengan bangku-bangku bagi yang ingin duduk-duduk santai. Untuk bisa sampai ke puncak Becici, Anda hanya perlu berjalan kaki selama 15 menit saja. Dari lokasi ini Anda bisa melihat keindahan Gunung Sindoro. Waktu yang paling tepat untuk Anda berkunjung ke lokasi ini adalah pagi dan sore hari. Ini karena pada saat-saat tersebut, cuaca di Puncak Becici ini sedang bagus-bagusnya. Anda bisa mendapatkan momen matahari terbit dan matahari terbenam pada waktu-waktu tersebut. Kawasan Hutan Pinus Jogja sendiri dikelola secara swadaya oleh warga setempat. Puncak Becici tidak hanya difungsikan sebagai tempat wisata saja tetapi juga dijadikan Hutan Lindung yang berfungsi untuk paru-paru wilayah Bantul. Anda tidak akan dikenakan biaya masuk untuk ke Puncak Becici ini. Tetapi, untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua. Menarik sekali bukan tempat wisata mangunan jogja yang satu ini.

( Baca Juga : Lombok 3D2N )

Bukit Mojo Gumelem
Wisata Mangunan Jogja sepertinya memang terkenal dengan spot-spotnya yang Instagramable. Salah satu spot yang paling menarik di sini adalah sarang burung bunga matahari dan. Di sini Anda bisa berfoto dan berselfie sambil duduk di dalam sarang burung dan berpose di atas bunga matahari buatan ini. Lokasi Bukit Mojo Gumelem tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Bukit Mojo Gumelem sudah sangat nyaman karena lokasinya sendiri sudah dilengkapi dengan jalan setapak, hingga gazebo dan bangku-bangku. Untuk masuk ke lokasi ini Anda hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan saja sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk motor. Sedangkan, untuk Anda yang ingin mengabadikan momen di spot-spot yang tersedia harus membayar lagi sebesar Rp 3.000 saja per spotnya. Bagus, menarik dan pastinya sangat terjangkau bukan?

Bukit Panguk Kediwung
Bukit Panguk Kediwung memang masih satu kawasan dengan kebun buah Mangunan. Di sini Anda bisa menyaksikan keindahan pemandangan alam yang diselimuti kabut. Bukit Panguk Kediwung sendiri merupakan wisata alam perbukitan yang masih tergolong baru di Jogja. Anda yang ingin ke Bukit Panguk Kediwung bisa menempuh rute lewat Imogiri untuk nantinya sampai kebun buah Mangunan. Tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan Anda bisa bertanya untuk nantinya sampai ke dusun Kediwung. Lalu, setelah Anda sampai ke Dusun Kediwung, Anda bisa meminta petunjuk arah ke Panguk Kediwung. Antarworld menyarankan Anda untuk menggunakan sepeda motor untuk mencapai lokasi ini karena jalurnya yang masih belum bagus. Anda hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua untuk masuk ke dalam tempat wisata ini.

Itulah informasi dan rekomendasi dari Antarworld mengenai wisata mangunan. Apa Anda ada rencana untuk ke sana? Yuk pesan tiketnya sekarang, Antarworld tidak hanya menjual Tiket Pesawat atau Tiket Kereta Api saja, tetapi juga ada Voucher Penginapan.

Leave a Reply