Tips Packing Koper untuk Menghindari Over Bagasi

Apa yang paling menyebalkan dari pengalaman over bagasi di bandara? Bisa jadi jawabannya adalah antre lama saat check-in dan bayar biaya tambahan. Belum lagi saat Anda tiba di bandara pada menit-menit terakhir sebelum take off dan harus berlari membawa banyak barang. Sebenarnya Anda tak perlu mengalami kejadian menyebalkan itu kalau tahu bagaimana cara packing yang benar. Nah, simak 7 tips ampuh untuk menghindari over bagasi dan efek berantai lainnya berikut ini :

1. Pilih koper yang ringan

Jika dalam keadaan kosong saja koper Anda sudah berat untuk diangkat, berarti Anda salah pilih koper dari awal. Idealnya, berat koper dalam keadaan kosong maksimal adalah 4,5 kg. Koper berkualitas dengan berat minimal sudah bisa ditemui di banyak toko saat ini. Meskipun harganya sedikit lebih mahal dibanding koper biasa, namun koper ini relatif lebih awet sehingga bisa digunakan bertahun-tahun.

2. Sesuaikan pakaian dengan musim dan budaya

Riset tentang kota tujuan traveling itu wajib dilakukan. Cari tahu musim, cuaca dan budaya setempat. Dari sini, Anda bisa menyesuaikan pakaian apa saja yang akan Anda bawa. Dengan begitu, Anda tidak akan membawa barang yang tak dibutuhkan dan otomatis menghindarkan Anda dari kelebihan bagasi.Selain riset kota tujuan, Anda juga sebaiknya mengecek batas maksimal bagasi gratis tiap maskapai. Masing-masing maskapai memiliki aturan sendiri tentang bagasi ini, contohnya untuk Citilink dan Lion Air. Citilink menetapkan bagasi maksimal 15 kg per penumpang, sedangkan Lion Air menetapkan 20 kg per penumpang.

3. Jangan lipat pakaian, gulung saja!

Anda tak bisa melipat pakaian seperti biasanya, pakaian Anda harus digulung. Teknik menggulung pakaian ini bisa menghemat ruang dalam koper, lho. Setelah digulung, ikat pakaian dengan karet gelang agar gulungan tetap rapi.

4. Bawa pakaian berwarna netral

Celana berwarna hitam akan mudah dikombinasikan dengan atasan dan sepatu warna apapun. Dengan memilih warna netral, kamu tak perlu membawa banyak pakaian dan aksesoris hanya karena khawatir warnanya tak sesuai jika dipakai nanti.

5. Bawa perlengkapan mandi dalam kemasan sachet

Bawa saja shampo dalam kemasan sachet jika lama traveling hanya sekitar dua-tiga hari. Jika hotel juga menyediakan perlengkapan mandi gratis, Anda tak perlu membawa perlengkapan mandi pribadi. Dengan begitu, jumlah barang yang Anda bawa pun bisa lebih sedikit.

6. Jangan bawa terlalu banyak gadget

Tinggalkan tablet, kamera digital dan laptop di rumah. Smartphone sudah cukup untuk memotret, update media sosial, bermain games dan juga membaca ebook. Membawa banyak gadget akan sangat merepotkan karena Anda juga harus membawa perlengkapan lainnya seperti charger masing-masing gadget.

7. Kirim oleh-oleh via pos

Agar tak mengalami over bagasi karena oleh-oleh setelah traveling, kirim saja oleh-oleh via pos. Meskipun untuk biaya per kilonya tak berbeda jauh dari biaya over bagasi di bandara, namun setidaknya Anda tak direpotkan dengan banyaknya barang bawaan saat perjalanan pulang.

Nah, itulah beberapa tips packing untuk menghindari over bagasi, apakah Anda sudah siap untuk packing dan berlibur ke tempat-tempat wisata yang ingin Anda kunjungi? Antarworld akan jadi solusi perjalanan Anda, karena tidak hanyak menjual Tiket Pesawat atau Tiket Kereta Api saja lohh, tapi ada juga Voucher Hotel Berbintang.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply