(+62) 21 74863905 web@antarworld.co.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login
(+62) 21 74863905 web@antarworld.co.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

Syarat Rukun dan Wajib Umroh

Sebelum melaksanakan ibadah umroh ada baiknya untuk mengetahui lebih banyak tentang ibadah ini mengenai syarat, rukun dan wajib umroh. Blog inipun didedikasikan untuk memberi informasi lebih banyak dan lebih jelas terhadap permasalahan ini, semoga ibadah umroh yang akan kita lakukan bisa diterima oleh Allah dan menjadi Umroh yang mabrur.

I. Syarat Umroh

1. Islam, ibadah umroh ini merupakan salah satu ibadah dalam agama islam. Berumrohpun memang bagi orang islam yang mampu, sedangkan bagi orang non muslim tentu saja hal ini tidak disyariatkan.
2. Berakal, Umroh disyariatkan bagi muslim yang berakal sehat. Tidak diperintahkan umroh bagi orang gila dan tidak sah umroh yang dilakukan oleh orang gila.
3. Istita’ah, artinya mempunyai kemampuan dari segi fisik, biaya maupun keamanan.
4. Baligh, Telah mencapai usia Baligh adalah salah satu rukun umroh. Oleh karena itu anak kecil yang belum baligh tidak disyariatkan melaksanakan umroh.
5. Merdeka, Bukan dari salah seorang dari hambah sahaya (budak)  karena ibadah umroh ini memerlukan waktu yang panjang yang dikahawatirkan kepentingan tuannya akan terbengkalai.

II. Rukun Umroh

1. Ihram memakai pakaian ihram, bagi laki laki adalah terdiri dari 2 lembar kain yang tidak berjahit. 1 helai melilit mulai pinggang sampai bawah lutut. sehelai lagi diselempangkan mulai dari bahu kiri kebawah ketiak kanan. Jamaah umroh laki-laki  tidak boleh mengenakan celana, kemeja, tutup kepala dan juga tidak boleh menutup mata kaki. Penjelasan hal dilarang selama umroh ada di bagian bawah artikel. Bagi wanita pakaian ihram lebih bebas tetapi disunatkan yang berwarna putih, yang penting menutup seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan mereka, yang penting tidak ada jahitan. Lengan baju mesti sepanjang pergelangan tangan Kerudung yang digunakan harus panjang, tidak jarang serta menutupi bagian Dada Baju, gaun atau rok harus sepanjang Tumit Memakai Kaos kaki Sepatu sebaiknya tidak bertumit dan terbuat dari karet.
2. Tawaf adalah mengelilingi Baitulloh/kabah 7 kali.
3. Sa’i dilakukan dari sudut shafa menuju Marwah (dihitung satu kali) dan dari Marwah kembali ke Shafa dihitung satu kali. Semuanya dilakukan tujuh kali putaran. Sa’i berawal dari shafa dan akan terakhir di marwah.
4. Tahalul artinya bercukur sebagian dari rambut di kepala. Biasanya dikerjakan setelah selesai sa’i, tanda bahwa kita telah sempurna melakukan umroh.
5. Tertib.

III. Wajib Umroh

1. Ihram (Niat Ihram dari Miqot).
2. Meninggalkan yang dilarang dalam ihram sah.
3. Melaksanakan Tawaf Wada.

Tawaf wada adalah tawaf perpisahan sebelum kembali ke tanah air. Setelah Tawaf Wada kita dilarang kembali ke Masjidil Haram dan Ka’bah. Oleh karena itu biasanya Tawaf wada dilaksanakan dini hari setelah tahajud kemudian bisa dilanjutkan sholat subuh berjama’ah. Setelah itu jama’ah umroh bisa berkemas perlengkapan umrohnya untuk pulang ke tanah air.

Penjelasan point no 2 tentang meninggalkan yang dilarang dalam ihrom, berikut ini larangan ihrom bagi jama’ah umroh :

Bagi laki-laki :
1. Berpakaian yang berjahit.
2. Memakai sepatu yang menutupi mata kaki.
3. Menutup kepala yang sifatnya melekat di kepala seperti topi (payung diperbolehkan).

Bagi wanita :
1. Berkaus tangan (menutup telapak tangan).
2. Menutup muka (bercadar).

Bagi laki-laki dan wanita :
1. Memakai wangi-wangian (kecuali yang dipakai sebelum ihrom dan sudah kering sebelum berpakaian ihrom).
2. Memotong kuku dan bercukur atau mencabut bulu badan.
3. Memburu atau menganggu atau membunuh hewan dengan cara apapun.
4. Memotong atau merusak pepohonan tanah haram.
5. Meminang, menikah atau menikahkan serta bersaksi.
6. Bercumbu atau berjimak suami istri.
7. Mencaci, bertengkar atau mengucapkan kata-kata kotor.

 

By : A.s

Print Friendly, PDF & Email

Related posts:

Leave a Reply