(+62) 21 74863905 web@antarworld.co.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login
(+62) 21 74863905 web@antarworld.co.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

Objek Wisata Kota Palu yang Wajib di Kunjungi

Palu merupakan ibukota propinsi Sulawesi Tengah. Propinsi ini memang lebih terkenal akan keindahan wisata baharinya. Namun ternyata, di samping pantai dan teluk yang menjadi daya tarik kota ini, ada pesona budaya dan peninggalan purba di kota Palu yang layak untuk dijadikan destinasi wisata. Letak kota Palu ini tepat berada di samping Teluk Palu. Menurut kabar burung, di teluk ini akan dibangun pangkalan kapal selam, karena Teluk Palu sangat menjorok ke daratan dan kedalamanya juga mendukung operasi kapal selam.

Kembali lagi ke masalah obyek wisata kota Palu yang wajib di kunjungi. Obyek Wisata di kota Palu sangat menarik untuk dieksplor atau dijelajahi karena belum banyak yang tahu tentang potensi wisata kota ini. Sebagai ibukota, Palu tentunya menjadi kota yang paling berkembang di antara kota kota lainnya. Ini ditandai dengan landmark jembatan 41 di Teluk Palu. Jembatan yang digadang gadang menjadi terbesar ketiga di dunia, setelah Jepang dan Perancis. Memang hal ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kota Palu. Jembatan 41 diresmikan oleh Presiden SBY tahun 2006 lalu.

Ada beberapa tempat wisata yang bisa anda tuju bila anda kebetulan sedang bepergian ke Kota Palu. Beberapa diantaranya adalah keindahan teluk dan pantainya yang menggoda untuk dinikmati. Juga beberapa misteri di Taman Nasional nya juga patut disambangi. Bagi anda, yang sangat ingin tahu mengenai budaya dan bagaimana kota ini terbentuk, maka anda dapat mengunjungi Museum dan rumah adat mereka yang merekam banyak jejak leluhur dengan baik.

1. Sou Raja
Sou Raja adalah rumah bangsawan di Palu. Sou Raja ini adalah bukti sejarah bahwa Palu dahulu pernah diperintah kerajaan. Sou Raja sendiri fungsinya seperti tumah dinas Raja. Hanya Raja dan keturunanya yang boleh tinggal di sini. Sou Raja sendiri dibangun dengan menggunakan pondasi kayu Ulin atau kayu Bayan. Sedangkan atapnya selalu berbentuk segitiga. Anda dapat mengunjungi Sou Raja ini yang terletak di Palu Selatan, tepatnya di Desa Lere, masih kota juga. Jadi jangan khawatir tentang transportasi karena cukup naik kendaraan umum.

2. Museum Sulawesi Tengah
Museum ini terletak di tengah kota Palu. Di sini anda bisa melihat koleksi gajah purba dan bagaimana masyarakat Sulawesi Tengah jaman dulu meramu, membuat kain dari kulit dan sebagainya. Bila anda penasaran dengan budaya dan asal usul nenek moyang kota ini, maka anda di sarankan datang ke Museum Sulawesi Tengah.

3. Pantai Talise
Pantai Talise adalah objek wisata pantai yang terdekat dengan Palu. Pantai ini terletak di sepanjang Teluk Palu. Akses ke sana juga sangat mudah, murah dan meriah. Pantai ini terletak persis di samping jalan besar negeri. Palu sendiri berdiri dipinggir Teluk Palu.

Pantai Talise terletak langsung di hadapan Teluk Palu. Pantainya berpasir putih, dengan riak ombak tenang. Sudah banyak fasilitas yang dibangun di sini. Anda bisa berenang, berjemur atau memancing di pantai, menyelam juga boleh. Memandang keindahan teluk dari pantai Talise di atas sepeda motor anda atau dalam mobil anda sangat menjanjikan untuk menghabiskan waktu di sore hari di Pantai Talise Palu.

4. Pantai Tumbelaka
Terletak hanya 7 KM arah barat dari Kota Palu, tempat yang cocok untuk bersantai bersama keluarga. Pantai yang berkerikil dan berpasir putih serta banyaknya pohon rindang ditepi pantai semakin menambah kesejukan suasana di pantai ini. Anda dapat menikmati pemandangan pantai dengan menyewa perahu bermotor. Selain itu membangun rumah pasir adalah sebuah keasyikan tersendiri bersama anak-anak.

Jika anda mengunjungi pantai ini, tidak ada salahnya untuk mencicipi nikmatnya makanan khas Kota Palu yaitu Kaledo yang banyak tersedia di rumah makan di sekitar pantai. Pantai ini pun sering mengadakan panggung musik terbuka. Dan yang pasti menunggu matahari terbenam adalah suatu hal yang sangat indah yang dapat anda rasakan di Pantai Tumbelaka.

5. Pantai Tanjung Karang
Pantai tanjung karang yang terletak di teluk palu ini dapat dicapai dalam waktu singkat dari kota sekitar 30-40 menit. Pantai ini menyuguhkan pemandangan pantai yang indah dengan paduan perbukitan hutan yang cukup menarik.

6. Masjid Terapung Palu
Masjid terapung di Makassar sudah tersohor keberadannya. Tapi tahukah Anda, ternyata Palu di Sulawesi Tengah juga punya masjid terapung yang cantik. Bahkan, Kubahnya bercahaya tujuh warna saat malam hari. Adalah Masjid Arkam Babu Rahman, sebuah masjid terapung yang berada sekitar 30 meter dari bibir pantai Talise dekat Jembatan Empat di sekitar Jl Cumi-cumi, Palu.

7. Jembatan ‘EMAS’ Teluk Palu
Jembatan Palu IV atau Jembatan Panulel atau biasa disebut Jembatan Kuning merupakan sebuah jembatan yang terletak di kota Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia. Jembatan ini di resmikan pada Mei 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan ini membentang di atas Teluk Talise yang berada di kelurahan Besusu dan Lere yang menghubungkan kecamatan Palu Timur dan Palu Barat. Jembatan Kuning ini merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia setelah Jepang dan Prancis.

Panjang jembatan utama: 250 m Titik tertinggi lengkung jembatan: 20,2 m dari badan jembatan Lebar jembatan: 7,5 m Luas permukaan besi total jembatan: 6234,40 m2.

8. Gunung Matantimali
Matantimali merupakan salah satu tempat favorit bagi para pecinta olahraga dirgantara paralayang. untuk menuju puncak Matantimali akan menempuh waktu kurang lebih 30 menit dari kota Palu kearah barat daya, sepanjang perjalanan menuju Matantimali, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang indah, seperti sawah, dan pegunungan gawalise serta lembah Palu, tetap berhati-hati karena jalanan menuju matantimali masih kurang besar dan kurang bagus apalagi kalau mengendarai kendaraan roda dua.

9. Gunung Gawalise Palu
Gawalise berada di barat kota Palu, kabupaten Donggala. Gunung Gawalise berpotensi sebagai obyek wisata alam dan budaya yang sangat menarik. Gunung Gawalise berjarak sekitar ± 34 kilometer dari kota Palu dan dapat di tempuh oleh kendaraan roda empat maupun roda dua memakan waktu sekitar ± 1 jam 30 menit. Di Gunung Gawalise terdapat desa Dombu yang terletak di ketinggian dan berhawa sejuk.

10. Taman Nasional Lore Lindu
Tempat wisata di Kota Palu lainnya adalah Taman Nasional Lore Lindu. Bagi anda yang suka kegiatan petualangan, maka disarankan datang ke Taman Nasional Lore Lindu ini. Gunung, danau, flora dan fauna di sini sangat indah. Pantainya pun dijamin masih perawan. Apalagi anda juga bisa melihat batu batu dari jaman megalitik di sini. Banyak hal bisa dilakukan di kawasan Hutan Taman Nasional Lore Lindu. Hewan dan flora yang dilindungi bisa anda jumpai di tempat ini.

Demikian beberapa objek wisata di kota Palu yang wajib di kunjungi. Jika anda berminat, silahkan ditelusuri lebih lanjut bagaimana cara mengakses tempat tersebut di atas untuk menghabiskan waktu liburan anda di Palu, Sulawesi Tengah, indonesia.

Leave a Reply