Mitos Melempar Koin di Kolam Air Mancur Trevi Fountain Italy

Italia merupakan salah satu negara yang memiliki arsitektur khas yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Jika Anda pecinta wisata budaya yang penuh dengan mitos atau legenda sejarah, negara ini merupakan destinasi wisata yang tepat. Salah satu lokasi yang sering menjadi tujuan utama turis adalah Trevi Fountain atau air mancur Trevi. Buat Anda yang belum pernah ke sana, Antarworld sudah merangkum beberapa informasi ini untuk memandu Anda jalan-jalan ke tempat tersebut!

Sejarah Trevi Fountain

Air mancur ini merupakan salah satu peninggalan arsitektur Baroque style yang paling besar di Roma, sekaligus menjadi salah satu air mancur terkenal di dunia. Nuansa seni Eropa abad ke-17 sangat kental di lokasi tersebut. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya hiasan berupa ukiran dan patung di sekitarnya yang menambah daya tarik lokasi ini. Bangunan yang disebut masyarakat setempat sebagai Fontana di Travi ini dibangun pada tahun 1732 berdasarkan perintah Paus Clement XII. Desainnya dirancang oleh Nicola Salvi, dan proses pembangunannya sempat terhenti karena meninggalnya sang desainer. Proyek tersebut kemudian dilanjutkan oleh Giuseppe Pannini, yang kemudian mendesain cerita yang tergambar di patung Trevi Fountain hingga saat ini. *Baroque Style sebutan untuk gaya arsitektur atau seni Eropa pada abad ke-17 dan ke-18 yang dicirikan dengan banyaknya hiasan dan dibuat secara mendetail.

Keindahan Arsitektur

Patung-patung yang menghiasi air mancur tersebut menambah keindahan pemandangan di sana. Patung-patung tersebut bercerita mengenai “Taming of The Waters” atau cerita tentang seseorang yang menjinakkan air. Ada beberapa tokoh yang digambarkan sosok dalam patung tersebut, seperti Neptunus atau Poseidon, dan Triton, atau dewa laut dengan sosok lumba-lumba. Anda juga dapat melihat bangunan Palazzo Poli atau Istana Poli yang menjadi latar belakang dari air mancur legendaris ini.

Mitos Trevi Fountain

Bagian yang paling menarik saat berkunjung ke lokasi ini adalah tradisi melempar koin. Pengunjung berdiri membelakangi air mancur dan melempar koin Euro melewati bahu mereka. Ada kepercayaan jika Anda melakukan hal ini, maka suatu saat Anda akan kembali lagi ke Roma. Bagian inilah yang menjadi daya tarik wisatawan, karena mereka ingin membuktikan mitos tersebut. Selain itu, ada juga mitos tentang percintaan di tempat ini. Jika sepasang kekasih meminum air dari air mancur mini, maka hubungan mereka akan langgeng dan saling setia.

Dengan segala pesona dan sejarah yang dimilikinya, Italy dapat menjadi tujuan berwisata terutama bagi Anda yang hobby jalan-jalan ke tempat wisata yang penuh dengan sejarah. Segera rencanakan liburan Anda ke Italy mulai dari sekarang! Jangan lupa ikuti terus tulisan di Blog Antarworld untuk mendapatkan rekomendasi wisata terlengkap dari berbagai wilayah lainnya!

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply