(+62) 21 74863905 web@antarworld.co.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login
(+62) 21 74863905 web@antarworld.co.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

Makanan Halal Korea Selatan yang Wajib di Cicipi

Bagi seorang muslim, memakan makanan yang halal adalah wajib hukumnya. Apalagi saat berpergian ke luar negeri, makanan halal terkadang menjadi masalah utama. Di luar negeri seperti di Korea Selatan yang muslim di sana hanya minoritas, makanan halal menjadi makanan yang cukup langka keberadaannya.

Beberapa muslim Indonesia yang pergi ke Korea Selatan bahkan membawa persediaan makanannya sendiri untuk di konsumsi di sana. Agak repot memang, tapi menurut mereka, hal tersebut merupakan jalan keluar satu – satunya berkaitan dengan makanan halal ini.

Masalah lain yang menjadikan langkanya makanan halal ini adalah kita tidak punya informasi yang cukup mengenai makanan halal di Korea ini. Jikapun ada terkadang kebanyakan informasinya ditulis dalam bahasa Korean. Dan ini menjadi kesulitan tersendiri. Bagi Anda yang hendak berkunjung ke Korea Selatan atau hanya ingin tau saja mengenai makanan – makanan apa saja yang termasuk halal di Korea Selatan, berikut ini daftarnya :

1. Kebab
Kebab memang merupakan makanan asli khas Korea Selatan. Namun jika Anda sedang berada di negeri ginseng dan tidak menemukan makanan Korea yang halal, kebab dapat menjadi alternative pengganjal perut. Rasanya juga tidak kalah enak.

Kebab bahan dasarnya ini daging, dagingnya bisa berupa daging sapi atau daging domba. Tapi jangan khawatir, daging yang digunakan bukan daging yang haram. Ini karena biasanya kebab ini adalah menu yang disajikan di restoran – restoran Turki yang memang berlabel halal. Anda dapat menikmati kebab Turki ini di daerah Islamic Street, di sana ada restoran dengan nama ‘Salam’. Restoran ini dibuka setiap hari, jam operasinya pada pukul 12 siang hingga pukul 10 malam.

2. Ayam Tandoori
Ayam tandoori juga merupakan menu yang tidak kalah nikmat dan menggugah selera. Ayam tandoori atau juga sering disebut Tandoori Murgh adalah makanan khas dari India. Bahan utama dari tandoori murgh adalah ayam yang dipadu padankan dengan beberapa bumbu dan juga campuran yogurt.

Jangan khawatir, ayam tandoori yang disajikan di restoran ini adalah makanan yang halal. Di restoran India bernama Wazwan yang letaknya berseberangan dengan Masjid pusat di Seoul. Restoran India tersebut memang khusus menyajikan makanan – makanan halal dan cocok untuk para pelancong muslim yang memang diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan yang berlabel halal.

3. Naan
Naan juga sangat direkomendasikan bagi muslim yang sedang berada di Korea Selatan. Naan ini merupakan sejenis roti yang dibuat dengan campuran roti dan dipanggang di dalam oven. Sebenarnya naan ini biasa disajikan sebagai teman bersantap bersama ayam tandoori. Naan ini juga biasa digunakan sebagai pengganti nasi oleh masyarakat India.

Bahan utamanya tentu tidak melibatkan daging – dagingan, hanya tepung terigu serta ragi yang dicampur. Naan juga bisa ditemukan di restoran Wazwan. Tentu tidak ada salahnya memakan makanan India di negeri Korea. Bahkan ini bisa jadi akan menambah pengalaman kuliner anda.

4. Biryani
Biryani adalah makanan khas India yang kelezatannya di akui oleh dunia. Bila Anda belum sempat ke India dan sedang berada di Korea Selatan, Anda bisa menikmati makanan yang sangat lezat satu ini meski di korea. Bahan utama dari biryani ini adalah nasi khas India yang olah dengan bumbu khusus khas untuk biryani. Disajikan dengan olahan ayam atau daging lainnya seeta bahan pelengkap seperti tambahan sayuran dan bawang bombay.

Anda bisa menikmati masakan yang lezat ini di restoran Wazwan yang berada di Seoul atau di Taj Palace jika Anda berada di Itaewon atau Yongsan.

5. Bimbimbap
Datang ke Korea Selatan tapi tidak memakan makanan khas Korea Selatan tentu tidak lengkap rasanya. Nah, bibimbap adalah makanan khas dari Korea yang berisi campuran daging dan sayuran. Sayuran yang digunakan untuk menu bibimbap ini sangat beragam, seperti jamur, timun, taoge, hingga wortel. Untuk mendapatkan bibimbap dengan label halal, Anda bisa datang ke restoran Restoran Hanok di Mokmyeoksanbang.

Direstaurant terbebut juga banyak tersedia berbagai masakan khas Korea lainnya berlabel halal dan aman untuk kaum muslim yang tinggal disana maupun turis yang berlibur. Karena makanan ini berisi sayur-mayur segar.

6. Sup Kacang Pedas
Sup kacang pedas ini merupakan makanan khas Korea lainnya yang dapat para pelancong muslim nikmati ketika berada di Korea Selatan. Tentu dari namanya kita sudah tau, bahan utama dari makanan Korea satu ini adalah kacang yang diberi bumbu sedemikian rupa sehingga menjadi sup dengan rasa yang pedas.

Sup kacang pedas dengan label halal ini bisa anda nikmati di restoran Shabana. Tidak hanya sup kacang pedas khas Korea saja yang bisa anda nikmati, tetapi makanan – makanan untuk vegetarian lainnya dan dijamin halal.

7. Saengseon Gui
Saengseon Gui adalah makanan khas Korea yang berbahan dasar ikan, tepatnya ikan makarel. Dalam bahasa Indonesia, saengseon gui ini artinya ikan panggang, namun saat memasak makanan ini ternyata ikan makarel disini tidak dipanggal melainkan digoreng. Saengseon gui ini merupakan makanan yang khas dari Negara Korea, patut untuk Anda coba, selain halal rasanya juga tidak kalah lezat.

Ikan yang digunakanpun segar, hasil tangkapan nelayan yang langsung di distribusikan di pasar. Oleh karena itu ikan ini tidak akan mengeluarkan bau amis saat di panggang.

8. Maeuntang
Maeuntang ini juga salah satu makanan tradisional Korea Selatan yang sangat recommended bagi pelancong muslim. Makanan maeuntang ini yang berbahan dasar ikan yang direbus dengan bumbu sedemikian rupa dan memiliki rasa yang pedas. Makanan ini sangat cocok di musim dingin karena di sajikan di hotplate yang dapat terus menghangatkan makanan meski sedang di konsumsi.

Maeutang menjadi makanan favorite masyarakat korea karena rasa sup yang segar dengan daging ikan yang kenyal semakin menambah nafsu makan saat tubuh terasa beku karena cuaca dingin.

( Baca Juga : Korea Jeju Cherry Blossom 6D By GA )

9. Sundubu Jjgae
Sundubu jjgae merupakan makanan khas Korea yang terbuat dari tahu dengan kuah dan bumbu yang cukup pedas, rasa dari sundubu jjgae mungkin akan mudah beradapatasi terhadap lidah kita. Dan rasanya pun tidak kalah sedapnya dengan makanan – makanan khas Korea lainnya. Selain itu bahan dasarnya yang tidak terdapat daging sangat recommended bagi anda yang sedang mencari makanan halal, dan sedang melakukan diet karena akan terhindar dari lemak daging dan gidantikan tahu yang memiliki protein.

Sundubu jjgae ini sangat cocok untuk dinikmati saat musim dingin, rasanya yang pedas dan kuahnya yang hangat membuat sundubu jjgae menjadi pilihan yang tepat.

10. Doenhang Jjgae
Doenjang jjgae ini termasuk makanan berkuah yang berisi rebusan sayur dan makanan laut atau seafood. Sayuran yang digunakan pun cukup beragam dan tentu in juga bisa dijadikan sebagai santapan yang sehat.

Jadi, masih bingung mau makan apa di Korea? Makanan Korea yang satu ini dijamin halal kok dan juga sehat. Sangat cocok untuk di nikmati kala musim dingin, untuk menghangatkan tubuh yang kedinginan saat salju turun.

11. Tuna Kimbab
Tuna kimbab ini adalah makanan sejenis sushi yang berasal dari jepang, bentuknya juga mirip dengan sushi. Tuna yang digulung dengan sushi ini bisa menjadi hidangan utama makan siang Anda. Rasanya? Jangan ditanya soal rasa, banyak orang yang sudah menjadikan tuna kimbab ini sebagai makanan favorit mereka.

Anda mau coba? Silahkan datang ke Korea Selatan untuk bisa mencicipi rasa otentik dari tuna kimbab ini.

12. Haemul Pajeon
Haemul pajeon juga adalah makanan khas Korea Selatan yang patut anda coba saat mengunjungi negera tersebut. Makanan khas yang satu ini bentuknya mirip pancake. Adonannya dicampur dengan bahan makanan laut lalu dibuat seperti pancake. Dari bahan baku yang digunakan, makanan ini memang sangat recommended bagi muslim yang melancong ke negeri ginseng.

Layaknya martabak di Indonesia, Haemul Pajeon menjadi kudapan yang cocok dalam suatu perayaan di Korea. Makanan yang berisi toping gutita maupun cumi ini menjadi makanan yang patut untuk di coba.

13. Jjampong
Jjampong ini berisi mie yang diolah dengan seafood seperti cumi dan udang. Rasa kuahnya pedas dan kaya akan rempah, dan rasa keseluruhan dari si mie kuah pedas seafood ini sangat menggugah selera. Bahan dasarnya pun mengindikasikan makanan ini adalah makanan yang halal karena tidak ada bahan seperti daging babi yang biasa digunakan pada makanan Korea lainnya.

Karena masyarakat Korea yang gemar mengkonsumsi makanan pedas, maka Jjampong ini bercitarasa pedas asam manis, sesuai dengan citarasa makanan seafood. Namun jangan khawatir bagi anda yang tak menyukai makanan pedas, karena kuah kaldu yang dihasilkan berwarna merah, tak menjamin makanan ini akan terasa begitu pedas, ini berasal dari bumbu yang bercampur dengan pasta bumbu asli korea.

14. Tteokbokki
Tteokbokki ini di Indonesia sering disebut dengan nama kue beras pedas. Tepung beras atau tteokbokki yang sudah dibuat menjadi potongan persegi panjang yang dengan ukuran sedang direbus dengan kuah khas tteobokki dengan rasa pedas.

Sangat cocok untuk dijadikan camilan, apalagi jika sedang musim panas atau musim dingin. Dan yang terpenting, tteokbokki termasuk makanan yang halal. Selain mudah untuk dibuat, makanan ini menjadi favorite para remaja di Korea, bahkan telah menjadi cemilan wajib saat kumpul bersama keluarga maupun teman.

15. Hobakjuk
Ingin mencoba makanan Korea yang lain dari yang lain? Mungkin hobakjuk sangat cocok untuk memenuhi selera makan makanan Korea anda. Hobakjuk ini sejenis bubur yang menggunakan labu sebagai bahan dasarnya. Sekarang ini di Korea Selatan sudah banyak tersedia restoran – restoran yang menyediakan makanan yang halal. Karena Korea Selatan sudah menjadi destinasi favorit warga dunia.

Pemerintah Korea pun sudah cukup proaktif dalam mengatasi masalah yang dihadapi banyak pelancong muslim. Dengan adanya banyak makanan halal yang sudah tersedia, anda tidak perlu bingung dan khawatir lagi mencari makanan halal.

Nah, bagaimana? Berarti tidak usah repot-repot lagi membawa persediaan makanan dari Indonesiakan? Dan untuk Anda yang ingin mengunjungi Korea Selatan dan mencicipi makanan-makanan diatas, Antarworld bisa jadi solusi untuk perjalanan Anda. Tidak hanya menjual Tiket Pesawat atau Tiket Kereta Api saja lohh, tetapi menjual Voucher Hotel juga, yuk kunjungi website Antarworld sekarang juga!

Leave a Reply