Fakta Masjid Al Aqsa Jejak Para Nabi

Bicara mengenai Masjid Al Aqsa memang tiada habisnya. Sebagai masjid suci ketiga setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, kompleks bangunan tersebut memiliki segudang keutamaan. Nilai sejarah dari Al Aqsa pun cukup tinggi, sebagian besar nabi dan rasul bahkan dilahirkan atau setidaknya pernah singgah di sini. Tepat rasanya menyebut Al-Aqsa sebagai tanah para anbiya.

Berikut ini fakta-fakta Masjidil Aqsa sebagai saksi jejak para nabi yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Tempat Pijakan Rasulullah

Sebelum mengangkasa menuju langit ketujuh dalam peristiwa Mi’raj, Nabi Muhammad S.A.W sempat singgah di Masjidil Aqsa. Beliau pun meninggalkan jejaknya pada sebuah batu. Tepat di atas tempat pijakan itu, Khalifah Abdul Malik bin Marwan dari Dinasti Umayyah mendirikan bangunan persegi delapan yang kemudian diberi kubah emas pada masa Turki Ottoman. Akhirnya, orang-orang menyebut bangunan tersebut sebagai Dome of The Rock atau Kubah Ash-Shakhrah (Kubah Batu).

Dome of The Rock ini merupakan salah satu daya pikat yang membuat Anda harus berkunjung kesana. Inilah kubah pertama yang hadir dalam sejarah Islam.

2. Tempat Rasulullah Mengimami Seluruh Nabi dan Rasul

Masih dalam peristiwa Isra Mi’raj, Rasulullah pernah menunaikan shalat di Masjidil Aqsa. Beliau menjadi imam dari seluruh nabi dan rasul yang diutus oleh Allah. Tidak ada satu pun nabi yang tidak ikut.

Fakta ini menandakan bahwa Rasulullah memang nabi terakhir, tidak ada lagi setelahnya. Selain itu, sebagai tanda pula bahwa Masjidil Aqsa adalah milik umat Islam yang harus dijaga dan dipertahankan.

3. Tempat Dimakamkannya Para Nabi

Tidak ada catatan resmi mengenai berapa banyak nabi yang dimakamkan di kawasan Masjidil Aqsa dan sekitarnya. Namun menurut Syaikh Emad, ulama asal Palestina, di sana merupakan tanah yang paling sering diinjak oleh para nabi. Tidak ada satu kampung pun yang tidak terdaftar sebagai kuburan nabi yang pernah diutus oleh Allah SWT.

Makam Nabi Sulaiman juga dipercaya ada di sekitar situs suci tersebut.

Tempat yang Mengalami Kisah Pahit
Meski kemuliaannya sangat tinggi, ternyata banyak orang yang tidak menghargai Masjidil Aqsa. Setidaknya, Al-Aqsa pernah dua kali tertimpa kejadian buruk.

Pertama, Masjidil Aqsa sempat dijadikan kandang kuda, istana, bahkan bilik eksekusi. Kejadian ini terjadi ketika Pasukan Salib Romawi yang pertama menguasai Jerusalem. Mereka tak segan-segan membantai 70 ribu kaum muslimin yang berlindung di Masjidil Aqsa, mengubah Masjid Qibli menjadi istana, Dome of The Rock sebagai kapel,bdan sebuah ruangan di bawah tanah dimanfaatkan untuk kandang kuda.

Umat Islam yang selamat lantas disalib pada tiang salib raksasa yang ditancapkan di tengah masjid.

Beberapa tahun kemudian, dengan izin Allah, Shalahuddin Al Ayyubi berhasil merebut Jerusalem. Beliau segera menghancurkan salib tersebut. Namun pondasinya masih bisa kita temukan hingga hari ini.

Kedua, pada tahun 1969, seorang Zionis Australia membakar mimbar Nuruddin dan Masjid Qibli sampai tak bersisa. Kejadiannya dua tahun setelah Masjidil Aqsa jatuh ke tangan Israel. Sayangnya, umat Islam di seluruh dunia hari itu hanya bisa marah, tapi tidak bisa melakukan apa-apa. Masjidil Aqsa sempat diperbaiki. Namun, serangan terus dilancarkan Zionis Israel, termasuk upaya menghancurkan pondasi Masjidil Aqsa.

Nah itulah sedikit Fakta Masjid Al Aqsa Jejak Para Nabi. Kita akan sambung nanti yaaa, jangan lupa subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru kami dan share artikel ini jika bermanfaat.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply