Eksotisme Flores yang Tersembunyi

Flores adalah sebuah pulau di kawasan Nusa Tenggara Timur yang menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang mengagumkan. Mengunjungi Flores seperti mengunjungi kawasan one-stop tourism yang menyediakan wisata alam, wisata budaya, dan wisata belanja yang akan membuat Anda betah dan enggan pergi setelah merasakan kehebatannya.

Jika kita bicara tentang seperti apa kecantikan Indonesia yang tersembunyi, maka Flores adalah jawaban yang tepat. Flores adalah eksotisme kecantikan Indonesia yang patut untuk didatangi, dijelajahi, dan dinikmati oleh siapa saja yang mendambakan kecantikan asli Indonesia. Nah, berikut ini adalah beberapa eksotisme dan kecantikan Flores yang bisa Anda kunjungi.

1. Gunung Kelimutu

Gunung Kelimutu adalah salah satu kawasan wisata andalan di Flores. Gunung yang memiliki ketinggian 1.639 meter ini, memiliki tiga buah danau kawah yang memiliki warna berbeda. Danau yang memiliki warna biru dianggap sebagai tempat bersemayamnya penduduk yang mati muda. Selanjutnya danau berwarna merah dianggap berisi arwah penduduk yang banyak melakukan kejahatan. Terakhir, danau berwarna putih merupakan tempat berkumpulnya arwah penduduk yang meninggal saat tua.

Sejak ditemukan pertama kali pada tahun 1915 oleh Lio Van Such Telen, keberadaan danau tiga warna di Gunung Kelimutu semakin terkenal. Setiap hari selalu saja ada wisatawan yang datang untuk menyaksikan indahnya Gunung Kelimutu yang kadang warna dari danaunya bisa berubah-ubah.

2. Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan salah satu pusat keramaian di Pulau Flores. Di tempat ini wisatawan datang silih berganti untuk antre naik kapal sebelum akhirnya dilayarkan menuju Pulau Komodo atau Pulau Rinca. Selain menjadi pelabuhan yang cukup ramai, kawasan di sekitar Labuan Bajo juga banyak digunakan sebagai spot diving yang indah. Kalau Anda ingin menikmati alam bawah laut di Flores, datanglah ke kawasan Pulau Kawasan dan Seraya.

Merasa sedikit bosan? Bergeraklah ke arah perbukitan dan hutan. Di dekat Labuan Bajo banyak terdapat lokasi untuk trekking sembari berburu air terjun. Oh ya, di beberapa tempat di Labuhan Bajo juga terdapat beberapa bangunan unik dari masa lalu yang layak dijadikan objek fotografi.

3. Gua Liang Bua

Jika Anda ingin berwisata sembari berlayar dan mempelajari sejarah masa lalu, datanglah ke kawasan Gua Liang Bua. Di tempat ini Anda bisa mendapatkan sebuah gua yang mulutnya cukup besar di kawasan pegunungan yang sangat sejuk. Gua ini konon pernah digunakan sebagai tempat hidup manusia purba yang sering dijuluki sebagai The Hobbit karena ukuran tubuhnya yang sangat kecil.

Ilmuwan yang bekerja di area ini menemukan beberapa spesimen tulang-belulang yang akhirnya di namai dengan Homo floresiensis. Oh ya, Gua Liang Buang memiliki suasana yang sangat tenang. Kalau Anda sudah bosan dengan keramaian kota datanglah ke sini untuk menyepi sembari menikmati alam yang sangat memesona.

4. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo merupakan kawasan konservasi yang cukup luas, dimana Pulau Komodo atau Pulau Rinca termasuk di dalamnya. Di tempat ini, Anda akan mendapatkan satu keajaiban dunia yang mungkin nggak bisa ditemukan di daerah mana pun di bumi ini. Anda akan akan bertemu dengan Komodo yang merupakan spesies kadal purba yang masih bertahan hingga sekarang.

Namun, saat berada di kawasan Taman Nasional Komodo, usahakan untuk selalu berhati-hati, yah. Perhatikan setiap petunjuk dari guide lokal agar komodo yang sejatinya merupakan hewan buas yang tidak menyerang Anda dengan racunnya. Saat berada di Flores, jangan sia-siakan kesempatan untuk mengunjungi kawasan ini paling tidak sekali seumur hidup.

5. Desa Wae Rebo

Di tengah era modern seperti ini, cukup sulit menemukan sebuah desa yang masih mempertahankan adatnya dengan sangat kuat. Wae Rebo adalah kawasan desa di Flores yang sangat menjaga adatnya. Di kawasan ini Anda akan melihat kehidupan warga benar-benar terisolir dari peradaban modern. Semua penduduk hidup selaras dengan alam lewat bangunan Mbaru Niang yang sederhana namun penuh filosofi di dalamnya.

Desa Wae Rebo terletak di ketinggian 1200 mdpl, saat pagi buta Anda bisa melihat kabut tips yang menyelimuti desa dan mirip negeri di atas awan. Kalau di Tana Toraja ada Batutumonga maka di Flores ada Wae Rebo yang merupakan desa indah di atas awan yang sampai UNESCO pun mengaguminya hingga memberikan penghargaan sebagai kawasan konservasi budaya terbaik di dunia.

Well, bagaimana? Cocok banget nih untuk dijadikan destinasi cuti Anda berikutnya. Bisa juga memesan tiket atau hotel di Antarworld , tunggu apa lagi? Yuk siapkan jadwal nya sekarang.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply