Barang Terlarang di Bawa ke Kabin Pesawat

Untuk keamanan dan kenyamanan penerbangan, maskapai penerbangan menerapkan aturan tertentu yang wajib dipatuhi calon penumpang. Ada beberapa jenis barang yang dilarang dibawa ke dalam kabin pesawat. Apa saja? Simak artikel barang terlarang dibawa ke kabin pesawat.

1. Membawa Cairan Lebih Dari 100 ml
Penumpang pesawat tidak diperbolehkan membawa benda cair lebih dari 100 ml ke dalam kabin. Jika harus membawa makanan bayi atau makanan diet khusus yang harus dimakan selama perjalanan masih diijinkan dan sebaiknya jangan banyak-banyak. Untuk kosmetik wanita yang berbentuk cairan seperti sabun atau peralatan mandi dan kecantikan, diletakkan dalam koper, dikemas dengan plastik untuk menghindari kebocoran.

2. Senjata Api, Senjata Tajam dan Benda Tajam
Penumpang sangat dilarang untuk membawa senjata tajam atau benda tajam. Jangankan senjata api atau senjata tajam yang dapat menimbulkan potensi buruk dalam kabin pesawat, pisau dapur atau gunting kuku saja, sangat dilarang dibawa. Biasanya, Ibu-ibu suka membawa gunting kuku atau pisau untuk memotong sesuatu nanti di dalam pesawat. Sebaiknya pisau dan lain-lain itu masukkan ke dalam bagasi check-in, bukan dibawa ke kabin. Jika Anda ingin memotong buah-buahan, minta tolonglah kepada pramugari dan sementara, tunda dulu aktivitas yang berhubungan dengan benda tajam selama penerbangan.

3. Bahan Kimia Yang Mudah Meledak
Khusus untuk bahan kimia yang mudah meledak ini, seluruh maskapai penerbangan Indonesia bahkan di dunia telah sepakat bahwa penumpang sangat dilarang keras membawanya di dalam kabin maupun bagasi check-in. Reaksi kimia yang dibawa oleh bahan-bahan tersebut ketika dalam ketinggian tertentu, bisa tidak terduga dan akan membahayakan penerbangan jika meledak.

4. Benda-Benda Berbahan Gas
Penumpang sebaiknya memperhatikan keselamatan diri sendiri dan orang lain ketika akan menumpang pesawat. Benda-benda berbahan gas sebaiknya jangan dibawa. Kosmetik dalam bentuk botol alumunium spray / aerosol sebaiknya jangan dibawa karena di tekanan tinggi dalam pesawat, botol aerosol terebut dapat meledak. Begitu juga dengan cat semprot dan lain sebagainya.

5. Benda Tumpul Tapi Berpotensi Mencederai
Peraturan penerbangan di maskapai penerbangan di Indonesia menyatakan jika benda-benda tumpul yang berpotensi mencederai dilarang dibawa di kabin pesawat. Benda-benda tersebut seperti : dayung, tongkat pemukul baseball, tongkat bilyar, stick golf, kail pancingan, papan skate bahkan stik drum dan alat perlengkapan bela diri yang dapat mencederai diri sendiri dan penumpang lain di dalam pesawat.

6. Produk yang berbau tajam
Penumpang dilarang membawa produk yang berbau tajam semisal terasi udang, petis udang, durian dan sebagainya. Produk-produk tersebut sebaiknya di letakkan di bagasi check in, dengan bungkusan berlapis-lapis supaya baunya tidak mengkontaminasi benda lain.

7. Produk dari Hewan
Susu segar, daging segar dan produk dari susu seperti yogurt dan keju dilarang dibawa ke dalam kabin. Hal ini karena mereka adalah produk dari hewan yang biasanya menghasilkan bakteri yang gampang menginfeksi. Produk-produk ini mengandung bakteri patogen yang dapat menginfeksi.

8. Benda Pemicu Api
Barang-barang yang dapat pemicu api juga sangat dilarang keras dibawa ke dalam pesawat. benda-benda itu seperti, kembang api, petasan, mercon dan sebagainya, pemantik dan korek api (korek api masih boleh dibawa ke kabin), alat-alat pribadi seperti mesin pencukur jenggot, alat-alat keseimbangan diri, e-skate dan sebaginya.

Itulah beberapa barang terlarang dibawa ke dalam pesawat. Sebaiknya kita memperhatikan hal-hal tersebut sebelum bepergian dan rancanglah penerbangan Anda tanpa melibatkan barang-barang tersebut di dalam kabin pesawat.

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply