Bandara Tersibuk di Indonesia

Liburan semakin dekat dan musim mudik pun tinggal menghitung hari. Jika kita bicara kedua hal tersebut, maka pasti banyak di antara kalian yang memilih menggunakan transportasi udara untuk bepergian. Entah untuk pergi liburan, bisnis, atau pergi mudik ke kampung halaman untuk menengok keluarga, pesawat seringkali menjadi transportasi unggulan karena waktu perjalanannya yang tergolong singkat.

Sebagai salah satu negara kepulauan dengan beragam destinasi wisata unggulan, rasanya wajar saja jika Indonesia memiliki lalu lintas udara yang padat. Apalagi kini minat wisatawan untuk menggunakan transportasi udara semakin meningkat seiring dengan semakin terjangkaunya biaya perjalanan untuk transportasi ini.

Meningkatnya angka pengguna pesawat terbang, maka meningkat pula kesibukan yang dialami oleh banyak bandara di Indonesia. Nah, ada begitu banyak bandara yang dimiliki oleh bangsa ini. Namun tahukah kamu bandara apa saja yang tersibuk? Berikut ini adalah beberapa bandara tersibuk di Indonesia.

1. Bandara Kualanamu

Bandara ini merupakan salah satu bandara terbaru yang dimiliki Indonesia. Tidak hanya arsitekturnya yang modern dan kenyamanan yang maksimal, konon kabarnya bandara ini dinobatkan sebagai salah satu bandara terkeren di Sumatera, atau mungkin di Indonesia. Menggantikan Bandara Polonia di Kota Medan, Bandara Kualanamu tidak hanya melayani rute domestik tetapi juga rute internasional. Maka dari itu, bandara ini telah dikunjungi dan melayani sekitar 8 juta penumpang pada tahun 2013. Bandara Kualanamu juga memiliki fasilitas kereta khusus bandara yang berangkat dari Kota Medan, loh. Asik banget!

2. Bandara Sultan Hasanuddin

Lanjut ke bandara terpadat nomor 4 di Indonesia, ada sebuah bandara termegah di Indonesia Timur. Bandara Sultan Hasanuddin, begitu orang mengenalnya. Terletak di Kota Makassar, bandara ini tidak hanya tampil dengan arsitektur keren namun juga dilengkapi dengan pelayanan terbaik. Meskipun bandara ini sibuk banget karena melayani penerbangan domestik dan internasional, dengan angka kunjungan hingga 9,6 juta penumpang di tahun 2013, namun rupanya bandara ini enggak lupa untuk melakukan pelayanan terbaik. Karena pelayanannya yang maksimal, enggak heran jika bandara ini dinobatkan sebagai “The Best Improved Airport in Asia-Pacific” versi Airport Council International (ACI).

3. Bandara Ngurah Rai

Sejak lama Bali telah mewariskan popularitas sebagai destinasi terbaik di Asia. Bahkan, kini reputasinya semakin bertambah dengan dinobatkannya Bali sebagai destinasi terbaik dunia versi sebuah website perjalanan dunia. Meningkatnya reputasi, membuat Bandara Bali harus bekerja ekstra keras. Apalagi kalau bukan jumlah wisatawan yang semakin hari semakin membludak. Hal itu pula yang menempatkan Bandara Ngurah Rai di Denpasar sebagai bandara tersibuk nomor 3 di Indonesia. Setidaknya itu menurut data tahun 2013. Meskipun begitu, Bali tetap layak dikunjungi dan nuansa Indonesia yang kental di bandara ini patut dijadikan nilai lebih tersendiri.

4. Bandara Juanda

Reputasinya sebagai kota bisnis terbesar kedua setelah Jakarta, rupanya memberikan dampak kepada tingkat kepadatan di Bandara Juanda, Surabaya. Kurang lebih sekitar 17,6 juta penumpang memadati bandara ini pada tahun 2013. Tujuannya? Beragam, mulai dari bisnis, liburan, hingga sekadar bertemu keluarga. Apalagi Surabaya juga dikenal sebagai kota yang dikelilingi oleh banyak destinasi wisata. Meskipun begitu, reputasi pelayanan dan kualitas bandara ini tidak boleh dianggap sebelah mata, Sobat Tiket. Sampai saat ini, Bandara Juanda masih dikenal sebagai salah satu bandara dengan reputasi pelayanan dan tingkat keamanan yang baik.

5. Bandara Soekarno-Hatta

Lalu, bandara apa yang dinobatkan sebagai bandara tersibuk di Indonesia? Tentu saja bandara milik ibu kota tercinta, Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sebagai gerbang dan pintu utama menuju Indonesia, tentu saja bandara terbesar di Jakarta ini memiliki tingkat kesibukan yang sangat padat. Bahkan, saat traffic sedang tinggi, kamu terkadang melihat beberapa pesawat yang masih berkeliling mengitari langit Soekarno-Hatta karena belum mendapatkan tempat untuk menepi. Ya, bandara ini memang sebegitu padatnya. Bahkan, pada tahun 2013, bandara ini sempat mencatatkan angka sekitar 59 juta pengunjung.

Ringkasan diatas adalah tentang Bandara Tersibuk di Indonesia. Makin Tahu, Banyak Tahu, Pasti Maju

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply