Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Nusa Lembongan

Banyak traveler yang berulang-ulang liburan ke Pulau Bali namun tidak banyak yang melangkah hingga ke Nusa Lembongan atau mungkin baru mendengar nama tempat ini? Bali memang tidak hanya berisi Pantai Kuta, Tanjung Benoa dan Nusa Dua saja. Di sekeliling pulau ini terdapat pulau-pulau kecil yang tak kalah eksotis salah satunya adalah Pulau Lembongan atau dalam bahasa setempat disebut dengan Nusa Lembongan.

Nusa Lembongan bersama Nusa Ceningan dan Nusa Penida adalah gugusan pulau-pulau kecil yang ada di sekitar Pulau Bali. Lebih tepatnya pulau ini terletak di sebelah selatan badung atau tenggara Pulau Dewata. Wisatawan mulai mengenal pulau ini sebagai destinasi alternatif selama liburan di Bali lantaran suasana di pulau-pulau kecil lepas pantai Bali menawarkan suasana yang lebih sepi dengan pemandangan yang masih alami. Lantas apa saja yang bisa dilakukan wisatawan di Nusa Lembongan?

1. Sunset di Tebing Devil’s Tears Sambil Melihat Deburan Ombak Raksasa
Jika di kawasan Nusa Dua wisatawan bisa melihat semburan ombak yang menghempas karang dengan nama Water Blow maka di Nusa Lembongan wisatawan juga bisa melihat atraksi serupa di destinasi wisata yang bernama Tebing Devil’s Tears. Tebing terjal ini berada di dekat Dream Beach, sehingga untuk ke sana wisatawan hanya perlu berjalan kaki, trekking meniti bukit tebing.

Waktu terbaik mengunjungi Tebing Devil’s Tear adalah saat laut sedang pasang, pada waktu itu ombak berukuran besar yang menggulung dari tengah lautan akan menabrak tebing karang dan menghasilkan semburan ombak yang sangat tinggi hingga ke puncak tebing. Di puncak inilah biasanya wisatawan akan bermain basah-basahan. Senja di Tebing Devil’s Tears juga tak kalah cantik, sunset disana keren abis.

2. Menyelam Perairan Nusa Lembongan
Walau Nusa Lembongan ukurannya tidak seberapa namun butuh lebih dari satu hari jika mau puas menikmati segala kekayaan alamnya. Beberapa operator tour di pulau ini menawarkan pengalaman menyelam di bawah laut Nusa Lembongan yang kaya dengan terumbu karang serta biota laut lainnya.

Deretan pulau kecil di tenggara Pulau Bali ini memang dikenal sebagai spot menyelam untuk bertemu hewan laut yang langka seperti ikan mola-mola, pari manta, penyu dan sejumlah binatang laut lainnya. Untuk menyelam tentu saja wisatawan harus merogoh agak dalam isi kantong namun kepuasan yang didapat tidak bisa diukur dengan nominal rupiah. Beberapa operator tur yang bisa wisatawan hubungi untuk mencicipi kegiatan underwater ini antara lain Blue Corner Dive, Pusat Menyelam Lembongan dan World Diving Lembongan.

3. Berkeliling Hutan Mangrove Nusa Lembongan
Warga yang tinggal di Nusa Lembongan, kabupaten Klungkung, Bali menggantungkan hidupnya pada kegiatan budidaya rumput laut dan juga sektor pariwisata. Salah satu yang wajib wisatawan coba di Nusa Lembongan adalah mengikuti tour berkeliling hutan bakau. Hutan bakau yang ada di pulau ini memang tumbuh subur dan terawat di hampir sekeliling pantai. Untuk itu cara paling keren menikmati hutan mangrove adalah dengan menyewa perahu.

Ada puluhan sampan warga yang disewakan untuk berkeliling hutan mangrove dengan tarif sekitar Rp. 50 ribuan per orang. Mereka akan diajak berkeliling hutan bakau selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu wisatawan bebas melakukan apa saja umumnya mereka akan menyempatkan sekalian snorkeling di pantai sekitar hutan bakau yang terkenal jernih dan banyak ikan-ikan kecil di dalamnya.

4. Wisata Budidaya Rumput Laut
Ini nih kegiatan lain warga asli Nusa Lembongan selain mengelola jasa wisata yaitu membudidayakan rumput laut. Sebagian besar warga disana memang berprofesi sebagai petani rumput laut dimana masing-masing dari mereka memiliki tak kurang dari 400 meter persegi lahan. Dari sana mereka bisa memanen beberapa kwintal rumput laut yang nantinya akan dijual atau diolah menjadi berbagai produk.

Semakin berkembangnya sektor pariwisata di Nusa Lembongan ada juga operator tur yang menawarkan wisata bertani rumput laut. Wisatawan yang mengikuti paket tur ini akan diajak ke sentra budidaya rumput laut yang ada di dusun Klod, desa Jungut Batu, Nusa Lembongan. Wisatawan akan bertemu langsung dengan petani rumput laut dan membaur dengan kegiatan mereka.

5. Berselancar Ria di Pantai-Pantai Nusa Lembongan
Ada banyak pantai di sekeliling pesisir Nusa Lembongan yang bisa dijadikan sarana untuk melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan laut tak terkecuali berselancar. Ada banyak turunan dari olahraga selancar yang bisa dicicipi wisatawan di Nusa Lembongan antara lain selancar angin, selancar layang dan selancar biasa.

Berselancar di Nusa Lembongan begitu disukai baik wisatawan asing maupun domestik, baik mereka yang sudah mahir melakukannya hingga para pemula. Alasannya simpel, ombak besar di kawasan Laceration Spot Nusa Lembongan sangat menantang untuk ditakhlukkan para peselancar pro, sedangkan mereka yang newbie bisa mengikuti sekolah surfing pada beberapa operator tour seperti Monkey Surfing, Newbro Surfing, Sekolah Selancar Nusa Islands, Lembongan Surf Lesson dan masih banyak lagi. Wisatawan bisa mendapatkan informasi melalui website resmi masing-masing operator tour atau langsung saja cari di Antarworld.

( Baca Juga : Azerbaijan Georgia 12D10N By QR )

6. Bermain Kayak dan Kano
Jangan pulang dulu sebelum mencoba bermain kayak atau kano di Nusa Lembongan. Kegiatan ini sangat menarik karena wisatawan diberi kesempatan untuk menaiki kayak mereka sendiri untuk berkeliling hutan mangrove di kawasan desa Jungutbatu. Aktivitasnya memang sama berkeliling hutan bakau tapi dengan menyewa kayak atau kano wisatawan akan lebih puas dan lama mengelilingi hutan tersebut.

Menilik ulasan wisatawan di Antarworld, kebanyakan dari mereka menyarankan untuk bermain kayak dan kano dengan menyewanya pada operator Olahraga Air Lembongan yang ada di ujung Mangrove Beach, desa Jungutbatu. Operator ini juga dikenal degan nama Warung Paradise, mereka menawarkan harga yang terjangkau buat wisatawan domestik.

7. Tur Kapal Berkeliling Nusa Lembongan
Kurang puas kalau cuma berkeliling hutan bakau, bagaimana jika berkeliling pulaunya, tertarik? Aktivitas ini bisa dilakukan setiap wisatawan caranya mereka tinggal memesan paket tur berkeliling Nusa Lembongan dengan menggunakan kapal ekslusif yang hanya muat diisi 20 wisatawan saja termasuk kru kapal.

Salah satu yang menawarkan paket tour ini adalah Tour Waka Sailing Catamaran. Menggunakan kapal pesiar kecil, 20 wisatawan akan diajak berkeliling Nusa Lembongan dengan segala jamuan khas wisata mewah. Di dalam paket tur ini sudah termasuk makan siang prasmanan dan kegiatan air seperti menyelam dan snorkeling lho. Buruan hubungi situs resmi operator wisata ini atau cari di Antarworld.

8. Memotret Keindahan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan Lewat Jembatan Gantung
Jika dilihat pada peta letak antara Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan sangatlah dekat. Maka dari itu wisatawan yang berada di Nusa Lembongan bisa menuju ke Ceningan dengan jalan kaki caranya lewat jembatan gantung yang dibangun di antara kedua pulau tersebut. Jembatan gantung ini sangat terkenal dan ikonik dengan warna kuningnya yang khas.

Dari atas jembatan wisatawan bisa memotret keindahan selat yang memisahkan kedua pulau serta mengabadikan keindahan Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Tak heran jika kemudian banyak wisatawan yang menyempatkan foto di atas jembatan ini meski untuk mendapatkan view yang bagus sangatlah sulit karena jembatan ini selalu ramai dilewati baik pejalan kaki mau pun kendaraan bermotor sehingga perlu sabar kalau mau dapat suasana yang sepi.

9. Relaksasi di Pusat Spa
Nusa Lembongan walaupun kecil tapi fasilitas wisatanya sudah lumayan lengkap. Untuk wisatawan yang lelah berkeliling dan melakukan aktivitas fisik di Nusa Lembongan bisa beristirahat sambil menikmati treatment di pusat spa yang ada.

Banyak pilihan pusat spa di Nusa Lembongan, wisatawan tinggal memilih antara Spa Harumaya, Spa Organik Lembongan, Spa Glo di Sandy Bay, Ulian Spa Lembongan, Sunset Coin Lembongan Spa atau Spa dan Salon Eny. Tentu sebelum memilih wisatawan harus mencari informasi dulu mengenai fasilitas dan biasa di masing-masing pusat spa tersebut.

10. Yoga Sempurna di Nusa Lembongan
Mencari ketenangan batin dengan kerak-gerak pikiran? Mungkin ini saatnya wisatawan memilih kegiatan yoga di Nusa Lembongan. Pusat yoga dan pilates yang membuka kelas setiap hari dan paling banyak direkomendasikan adalah Serenity Yoga Lembongan.

Serenity Yoga Lembongan beralamat di belakang Puri Kirana, desa Jungutbatu, Nusa Lembongan. Tempat yoga ini diklaim sebagai yang terbaik yang ada di Pulau Bali. Instrukturnya sangat ramah, suasana sekitar kelas yoga juga asri penuh ketenangan dan setiap wisatawan bisa mengikuti kelas yoga sesuai dengan tingkat keahlian.

Dengan segala pesona yang dimilikinya, Bali dapat menjadi tujuan berwisata terutama bagi Anda yang hobby jalan-jalan ke tempat wisata yang penuh dengan keindahan yang menakjubkan. Segera rencanakan liburan Anda ke Nusa Lembongan, Bali mulai dari sekarang! Jangan lupa ikuti terus tulisan di Blog Antarworld untuk mendapatkan rekomendasi wisata terlengkap dari berbagai wilayah lainnya!

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply