5 Destinasi Wisata Cinta di Indonesia untuk Merayakan Valentine

Bila kamu punya rencana ingin liburan sambil merayakan momen hari Valentine bersama pasangan, mengunjungi tempat-tempat yang mempunyai kisah atau legenda cinta romantis adalah hal menarik untuk dilakukan. Beberapa destinasi wisata di Indonesia mempunyai nama sebutan cinta karena ada cerita ataupun legenda cinta sepasang manusia terkait tempat tersebut Lokasi wisata itu pun memiliki daya tarik dan pesona keindahan sehingga banyak dikunjungi wisatawan lokal.

1. Batu Cinta, Situ Patenggang

Batu Cinta adalah sebuah batu yang terletak di pulau kecil di tengah-tengah danau atau Situ Patenggang Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Ada legenda yang dipercaya masyarakat setempat, bahwa tempat ini menjadi tempat bertemunya kembali Ki Santang dan Dewi Rengganis, sepasang kekasih yang telah berhasil melewati masa sulit dalam kisah percintaan mereka. Air yang mengisi danau ini, menurut mitos masyarakat Patengan berasal dari deraian air mata kedua manusia tersebut. Itu sebabnya beberapa orang juga menyebut Situ Patenggang sebagai Situ Penganten.

2. Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Rawa Pening merupakan sebuah kawasan perbukitan yang terletak di Kecamatan Banyubiru, Ambarawa, Jawa Tengah. Bukit Cinta yang berada di dataran tinggi, pada masa Pemerintah Kolonial Belanda dijadikan sebagai tempat pemantauan pertumbuhan enceng gondok yang ada di Rawa Pening. Pasca Belanda minggat dari Indonesia, kawasan perbukitan ini kemudian dijadikan sebagai tempat pasangan muda-mudi untuk pacaran sehingga disebutlah sebagai Bukit Cinta. Lokasi wisata Bukit Cinta Rawa Pening cukup indah, kita dapat menikmati danau penuh enceng gondok, dikelilingi perbukitan, dan udara yang sejuk.

3. Pulau Cinta – Kotabaru

Pulau ini merupakan pulau kecil di Desa Teluk Aru, Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Pulau yang tidak berpenghuni ini dinamakan Pulau Cinta oleh masyarakat suku Bugis dan Mandar di Teluk Aru karena kerap dijadikan sebagai tempat ritual Malasuang Manu, sebuah ritual yang digelar bagi sepasang kekasih yang ingin agar hubungannya langgeng. Ritual dilakukan dengan ikrar dari sepasang kekasih untuk saling setia. Selanjutnya, mereka melepaskan sepasang ayam jantan dan betina di Pulau Cinta, yang berjarak 30 menit berlayar dari Teluk Aru. Pulau Cinta di Kotabaru ini tidak ada pantainya, hanya terdapat batu-batu besar dan pepohonan. Namun, tempat ini tetap menarik dikunjungi wisatawan setempat karena keindahan alam lautnya.

4. Pulo Cinta – Gorontalo

Pulau kecil di Gorontalo ini dinamakan sebagai Pulo Cinta karena adanya deretan bangunan-bangunan vila yang mengelilinginya menyerupai bentuk hati, sehingga menjadi pemandangan alam yang eksotis. Namun ada pula mitos yang menyebutkan bahwa Pulo Cinta menjadi tempat bertemunya Pangeran Gorontalo dengan seorang puteri Belanda. Jalinan cinta mereka dilarang, sehingga mereka akhirnya melarikan diri ke pulau ini. Pulo Cinta terletak jauh dari perkotaan, sehingga tepat menjadi tempat romantis bagi pasangan yang ingin merayakan hari kasih sayang.

5. Teluk Love

Teluk Love merupakan destinasi wisata di Jember, Jawa Timur, yang berada di atas Bukit Suroyo atau Bukit Domba, dengan latar belakang sebuah pantai atau teluk yang berbentuk mirip hati. Pantai yang melatarbelakangi pemandangan dari atas Bukit Suroyo adalah Pantai Payangan, yang berada di Desa Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Bentuknya yang unik inilah yang membuat pantai ini akhirnya jadi trending dan membuat banyak wisatawan, khususnya pasangan muda, penasaran ingin mengunjunginya.

 

By : A.s

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply