10 Destinasi Wisata Indonesia Paling Populer Untuk Turis Mancanegara

1. Bali

Nggak heran jika Bali disebut sebagai destinasi wisata paling populer di Indonesia. Pulau berjuluk Pulau Dewata ini memang sudah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata paling populer di dunia. Ada beberapa hal yang membuat pulau Bali terasa begitu legit menggoda bagi wisatawan, mulai dari kekayaan dan keunikan wisata budayanya, lanskap yang indah dan bervariasi, pantai-pantai tropis cantik yang cocok untuk melakukan berbagai aktifitas mulai dari berjemur hingga berselancar, hingga keramahan penduduk setempat yang membuat pulau ini sulit ditandingi oleh destinasi wisata lain di Indonesia.

Namun di Bali, kira-kira tempat mana saja yang paling populer untuk wisatawan mancanegara? Salah satu nama yang paling sering disebut adalah Ubud, yang banyak direkomendasikan bagi mereka yang membutuhkan relaksasi dan menyukai suasana yang tenang dalam lingkungan yang erat dengan nuansa seni. Bagi wisatawan yang suka menikmati pantai dan sunset hingga belanja dan menikmati spa, Seminyak menjadi destinasi favorit di Bandung. Sedangkan untuk destinasi pantai, Kuta, Nusa Dua, dan Legian, berada dalam daftar pantai yang wajib dikunjungi oleh wisatawan asing.

2. Jogjakarta

Jogja sudah sangat dikenal sebagai salah satu kota bersejarah yang paling atraktif. Dan ternyata daya tarik Jogja juga memikat wisatawan mancanegara sehingga kota cantik ini kerap direkomendasikan sebagai salah satu destinasi wisata di Pulau Jawa. Adapun beberapa tempat wisata populer yang direkomendasikan untuk dikunjungi selama di Jogja adalah Borobudur dan Prambanan, sedangkan daya tarik lain yang direkomendasikan dari Jogja adalah mengunjungi keraton.

3. Pulau-pulau Gili

Sepertinya, masuknya pulau-pulau Gili dalam daftar ini nggak akan membuat kaget banyak orang ya, khususnya bagi wisatawan yang suka dengan wisata alam bawah laut. Pulau-pulau Gili, yang terdiri dari Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno, memang populer dengan wisata bawah laut-nya. Ketiga pulau Gili tersebut juga memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dari pulau-pulau lainnya, karena disana sama sekali tak boleh ada kendaraan bermotor. Tak heran jika suasana di ketiga Gili relatif tenang dan santai, walau khusus untuk Gili Trawangan suasana malamnya jauh lebih hidup karena banyaknya pusat hiburan malam di pulau tersebut.

4. Bromo

Gunung berapi yang satu ini termask salah satu gunung yang paling populer di Indonesia yang ternyata disukai juga oleh wisatawan mancanegara. Gunung yang terletak di Jawa Timur ini memang menarik jika ditilik dari banyak sisi, mulai dari sisi legenda yang berkaitan dengan Roro Anteng dan Joko Seger, suku Tengger, aneka ritual yang biasa dilakukan di gunung tersebut, hingga popularitasnya sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati matahari terbit. Sebuah situs travelling kelas dunia bahkan menyebut jika Gunung Bromo lebih dari sekedar gunung biasa karena yang ditawarkan oleh gunung tersebut adalah sebuah pengalaman yang lengkap, mulai dari gunungnya itu sendiri hingga seluruh suasana yang ada disana.

5. Danau Toba

Yang berasal dari Sumatera Utara boleh bangga karena Danau Toba termasuk salah satu destinasi wisata di Indonesia yang cukup populer di antara wisatawan mancanegara. Danau yang memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin santai dan menikmati suasana. Danau Toba ini memiliki pulau di tengahnya, yaitu Pulau Samosir, yang menjadi salah satu destinasi lain untuk dikunjungi saat berada di sekitar danau ini.

6. Baliem Valley

Nama tempat ini mungkin masih asing bagi sebagian orang. Baliem Valley merupakan sebuah lembah yang dihuni oleh Suku Dani. Lokasinya berada di dataran tinggi di sebelah barat Papua New Guinea yang berarti ada di tanah Papua. Tempat ini cukup direkomendasikan bagi mereka yang ingin mencari petualangan di sungai, menikmati suasana gunung, hingga merasakan keramahan Suku Dani.

7. Tana Toraja

Tana Toraja juga termasuk salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan untuk wisatawan mancanegara. Menariknya, mayoritas website travelling cenderung menjual atraksi pemakaman unik di Tana Toraja sebagai daya tarik utamanya. Baru setelah ulasan tentang tata cara pemakaman, rekomendasi aktifitas lainnya adalah menikmati suasana dan melihat-lihat keunikan rumah tradisional Tana Toraja.

8. Bunaken

Masih di sekitar Sulawesi, hadir Bunaken yang mewakili Sulawesi Utara di kancah destinasi wisata top untuk wisatawan asing. Pulau seluas 8 kilometer persegi ini secara khusus populer akan Taman Laut Bunaken-nya memang sudah sangat dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk diving dan snorkeling.

9. Tanjung Puting

Tempat ini merupakan sebuah taman nasional yang terdapat di Kalimantan Tengah dan direkomendasikan bagi wisatawan yang tertarik melakukan eco tourism. Di tepat ini banyak terdapat berbagai hewan liar, termasuk yang paling populer adalah orangutan. Wisatawan dapat mencoba menjelajah menggunakan perahu, menikmati suasana, maupun mengunjungi pusat penelitian.

10. Komodo National Park

Ini dia tempat yang beberapa waktu silam sempat membuat orang-orang se-Indonesia Raya sibuk mengirim voting demi memasukkan pulau Komodo ke dalam daftar New Seven Wonder. Disinilah habitat hewan komodo yang merupakan hewan asli Indonesia. Taman Nasional Komodo terdiri dari 3 pulau besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar, serta beberapa pulau kecil lainnya, dan seluruh wilayah Taman Nasional Komodo sudah masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991.

 

By : A.s

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply